Babinsa Kampanyekan Hemat Air, Kesiapsiagaan Hadapi Ancaman Kekeringan

Bagikan ke :

Sragen, Gemadikatv.com – Pada musim Kemarau, sebagian wilayah di Indonesia yang mengalami kekeringan selalu kesulitan air. Jumlah wilayah yang menderita kekeringan dari tahun ke tahun terlihat semakin meningkat dan meluas.

Kondisi ini tidak hanya menyebabkan sulitnya mendapatkan air untuk irigasi persawahan namun yang lebih penting juga menyebabkan kesulitan bagi penduduk dalam mendapatkan air bersih untuk keperluan hidup sehari-hari.

Hal itu yang mendorong Serda Ochsed Wiranto Babinsa Glonggong anggota Koramil 06 /Gondang Kodim 0725/Sragen menghimbau warga di dukuh Ngundakan RT 01 Desa Glonggong Kec. Gondang untuk pandai – pandai menghemat penggunaan air di dukuh Ngundakan RT 01 Desa Glonggong Kec. Gondang. (03/11/2023).

Menurut Ochsed, Banyak orang mencuci peralatan makan yang kotor sambil membuka keran air. Untuk menghemat air di rumah, hentikan kebiasaan ini. Cukup nyalakan air saat cucian perlu dibilas. Matikan keran air saat cucian sedang disabuni. Selain itu jangan selalu menggunakan mangkok baru setiap kali akan minum atau ngemil, imbaunya.

“ Cara menghemat air bersih selanjutnya adalah membuat penampungan untuk air hujan. Air ini bisa digunakan untuk menyirami tanaman di rumah. Bisa juga untuk mencuci peralatan di luar rumah,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Banner Iklan